DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

7 Hal Sederhana Untuk Mempererat Hubungan Ibu-Anak

Share:

Memiliki hubungan erat dengan anak tentu sangat menyenangkan. Apalagi, jika anak menganggap orang tuanya sebagai teman dekatnya. Saat dewasa nanti, Ia pasti akan menjadikan orang tua tempat curhat dan selalu terbuka setiap kali menghadapi masalah.

Mengutip dari Very Well Family, hubungan erat dengan anak tidak hanya menciptakan keharmonisan antara ibu dan buah hati. Hubungan yang erat juga memudahkan ibu dalam mendidik anak. 

Sebab, anak akan mendengarkan dan mengikuti arahan ibu tanpa merasa tertekan. Setidaknya ada 7 cara untuk mempererat hubungan ibu dan anak, yaitu:

1. Katakan “Ibu Sayang Kamu” 

Beri tahu anak bahwa kamu mencintai dan menyayangi. Ucapkan setiap hari tanpa melihat usianya saat ini. Kalimat mantra ini akan membuat anak merasa selalu diperhatikan dan memiliki sosok ibu yang selalu ada untuknya. 

2. Luangkan Waktu untuk Bermain Bersama 

Berapa pun usianya, anak pasti senang melihat ibunya mau bermain bersama. Anak yang masih balita lebih menyukai kamu bermain dengannya di lantai atau menyanyikan lagu. Sementara anak yang mulai remaja akan senang bermain keluar bersama ibunya seperti pergi ke playground. 

3. Bercerita Sebelum Tidur 

Sesaat sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk mempererat hubungan dengan anak. Bercerita tentang apa yang sudah terjadi di hari itu atau membaca buku cerita adalah momen menyenangkan dan menenangkan.  

4. Dengarkan Pendapatnya 

Mungkin anakmu belum bisa memberikan pendapat yang logis atau sepemikiran denganmu. Namun, kamu tak boleh menyela dan membantahnya. Dengarkan saja pendapatnya mengenai penampilanmu atau model sepatu yang ingin kamu beli. 

Daripada membentaknya, kamu bisa jelaskan pelan-pelan mengapa pendapatnya belum bisa diterima. 

5. Hargai Pilihan Anak 

Anak-anak yang belajar mandiri akan membuat banyak keputusan sendiri. Agar hubungan dengannya tidak merenggang kamu sebaiknya menghargai keputusan atau hal-hal yang disukainya. Misalnya, membiarkan anak menggunakan model baju yang tidak kamu suka. 

6. Berikan Kejutan Kecil 

Memberi hadiah ulang tahun atau membelikan mainan kesukaannya akan membuat anak merasa spesial. Ia juga semakin menyadari bahwa dirinya memiliki sosok ibu yang amat mencintainya. 

7. Biarkan Dia Membantumu

Anak selalu berusaha meniru aktivitas yang sering kita lakukan. Misalnya, menyapu, membuang sampah, atau membawakan belanjaan. Ini juga merupakan momen bagus untuk mempererat hubungan dengannya.

Biarkan saja Ia melakukannya, lalu ucapkan “terimakasih sudah membantu ibu”. Ia pasti akan senang dan merasa dihargai.

Referensi: 

Dwi Reka

Energetic person and women issue observer, a writer

Related
9 Cara Menjaga Kesehatan Otak untuk Mengatasi Mom Brain
Kenali Penyebab dan Cara Menghentikan Overthinking
Tak Hanya Fisik, Kondisi Mental Ibu Pasca Melahirkan Juga Butuh Recovery
Tags: #ibu, #menjadiibu, #perempuanbisa, motherhood
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid