DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

Apa Itu Self Worth dan Cara Meningkatkannya?

Share:

Tak bisa dipungkiri, era media sosial seperti saat ini membuat banyak orang membandingkan dirinya dengan orang lain. Selain sebagai media untuk berekspresi, media sosial juga menjadi bumerang di mana para penggunanya sering merasa tidak berharga saat melihat cerita orang lain yang dianggap lebih sukses.

Perasaan tidak berharga itu semakin melekat kala kita semakin intens melihat kebahagiaan orang lain di media sosial. Hingga akhirnya kita memiliki tingkat self worth yang rendah.

Self worth adalah penilaian setiap individu terhadap dirinya sendiri. Ketika seseorang memandang remeh dirinya, maka ia sulit menghargai dan mencintai dirinya sendiri. Self worth penting karena kita memang berharga dan layak dihormati. 

Lalu, bagaimana cara meningkatkan self worth agar kita bisa lebih menyayangi diri sendiri?

1. Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Era media sosial membuat kita mudah membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain. Padahal, orang-orang cenderung hanya membagikan momen bahagianya saja di medsos. Jadi, kamu tak perlu berkecil hati karena pasti ada waktunya kamu pun merasakan kebahagiaan dan kesuksesan versi dirimu sendiri. Ini hanya masalah waktu aja kok, bu.

2. Jangan Biarkan Orang Lain Merendahkanmu

Karena sering gak enakan, tanpa disadari orang-orang malah jadi seenaknya. Kita memang harus ramah, tetapi bukan berarti diam saja saat orang lain menganggap remeh diri kita. Karena kamu berharga, tunjukan pada mereka bahwa kamu memang layak dan berpotensi untuk setiap hal yang kamu lakukan.

3. Berhenti Mengkritik Diri Sendiri

Ada kalanya kita berbuat salah dan memikirkan kesalahan yang telah diperbuat. Sebetulnya merenungi kesalahan itu bagus agar kita tidak mengulanginya lagi, tapi jangan sampai berlebihan, ya. Ingat, di balik kesalahan itu, kamu telah berjuang dan melakukan banyak hal baik lainnya.

4. Jangan Cuma ke Orang Lain, Kamu Pun Harus Baik ke Diri Sendiri

Kalau kamu bisa bersikap baik ke orang lain, memberi perhatian, dan memperlakukannya spesial, kenapa tidak kamu lakukan juga ke diri sendiri? Percaya deh, ketika kamu selalu bersikap baik pada diri sendiri, orang lain pun akan melihat dirimu berharga. Jadi, berhenti melakukan sesuatu yang buruk bagi dirimu.

5. Keep Positive Thinking

Rasanya memang sulit berpikir positif dalam situasi yang tidak baik-baik saja. Namun, dibalik setiap peristiwa selalu ada hal baik dan buruknya. Daripada menyesali kesalahan yang sudah terjadi, lebih baik fokus pada hal-hal baik yang sudah kamu lakukan dan kamu dapatkan saat ini. 

Referensi:

Dwi Reka

Energetic person and women issue observer, a writer

Related
Protected: How To Be a Happy Mother E-Course
Menyambut Pribadi yang Baru Setelah Dianugerahi Gelar ‘Ibu’
Bagian Tersulit Menjadi Ibu yang Tak Diceritakan Orang-orang
Tags: #haloibu, #haloperempuan, #ibu, #menjadiibu, #menjadiperempuan, #perempuan, #perempuanbisa
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid