DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

Ayah Juga Butuh Dukungan Melewati Masa-masa Sulit 

Share:

Semua orang pasti akan dihadapkan dengan masalah, begitu pun dengan suami, pasangan yang telah berjanji akan hidup bersama kita. Namun, terkadang kita terlalu sibuk memperhatikan si kecil sehingga tidak menyadari bahwa Ayah juga perlu dukungan. 

Menurut penelitian yang dilakukan Australian Institute, pria yang sudah menikah membutuhkan dukungan emosional dari pasangannya. Bahkan, penelitian ini menunjukkan bahwa pria lebih membutuhkan dukungan daripada perempuan. 

Hal ini karena pria cenderung jarang menceritakan masalah pribadinya dengan pria lainnya. Hasil penelitian juga menemukan bahwa pria tidak memiliki social support sebanyak perempuan. 

Oleh karena itu, kehadiranmu sangat dibutuhkannya. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukungnya melewati masa-masa sulit: 

Dengarkan Keluh Kesahnya 

Saat Ia bercerita tentang masalahnya, dengarkanlah dengan baik tanpa memotong pembicaraan. Tunjukan bahwa kamu satu-satunya orang yang tidak menghakimi dan menjatuhkannya. Hindari memberikan kritik atas opininya karena hal ini dapat menambah bebannya. 

Tanyakan Apa yang Dia Butuhkan Saat Ini 

Ada kalanya dia tidak membutuhkan saran atau kritik dari siapapun. Jadi, sebaiknya tanyakan saja apa yang sedang dia butuhkan saat ini. Ketika dia meminta bantuan, bersedialah untuk segera membantunya. 

Berikan Pujian 

Sama seperti anak-anak, Ayah juga ingin mendengarkan pujian dan kata-kata baik darimu. Apalagi, di masa-masa sulitnya. 

Berikan pujian atas kerja kerasnya agar dia menyadari bahwa masih ada sosok yang selalu menghargainya.  Pasalnya, pengakuan atas kerja kerasnya di saat masa-masa sulit itu diperlukan. 

Kamu bisa mengatakan bahwa apa yang dia kerjakan selama ini sangat baik dan tidak apa jika berbuat salah. Setiap orang tentu punya kelemahan sehingga wajar jika semuanya tidak bisa dikerjakan sempurna. 

Beri Dia Waktu untuk Menyendiri 

Jangan paksa dia untuk menceritakan semuanya. Terkadang, yang dia butuhkan hanyalah waktu untuk merenung dan menyendiri. Tak apa, kamu tidak harus selalu terlibat dalam urusannya.  

Ada kalanya dia akan menyendiri dan ingin fokus menyelesaikan masalahnya sendiri. Dia juga mungkin tidak ingin melibatkan kamu dan membebani orang lain dengan masalahnya.  

Jadi, kamu perlu menghargai keinginannya itu. Memberikan ruang untuk dirinya sendiri juga merupakan bentuk dukungan kok, bu. 

Selalu Ada Saat Ia Membutuhkanmu 

Saat menghadapi masa-masa sulit, dia membutuhkan orang terdekat di sisinya. Meski dia tidak meminta bantuan, tetapi kehadiranmu bisa jadi penyemangat. Teruslah berada di sisinya dan berjuang bersamanya. 

Referensi: 

Dwi Reka

Energetic person and women issue observer, a writer

Related
Tipe Ibu Berdasarkan Zodiak, Kamu yang Mana, bu?
5 Alasan Kamu Harus Bangga Miliki Stretch Mark
Agar Rumah Jadi Tempat Ternyaman, Lakukan Tips Ini !
Tags: #haloibu, #ibu, #menjadiibu
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid