DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

5 Fakta Vagina Yang Harus Kamu Tahu 

Share:

Sama seperti bagian tubuh lainnya, tentu kita juga perlu mengenal vagina. Terlebih, vagina merupakan bagian tubuh yang paling menarik sekaligus mengesankan. Vagina bisa memberikan kita rasa kesenangan, sakit, dan juga menjadi jalan keluarnya buah hati. 

Sayangnya, tidak sedikit perempuan yang masih belum mengenal organ intimnya. Padahal, dengan mengenalnya kita bisa merawatnya dengan baik dan mendeteksi jika vagina menunjukkan gejala berbahaya. 

Setidaknya, ada 5 fakta mengenai vagina yang perlu kamu ketahui untuk lebih mengenalnya. Yaitu: 

1. Vagina dan Vulva Itu Berbeda 

Banyak perempuan menganggap kalau vagina dan vulva adalah organ yang sama, padahal faktanya tidak begitu. Vulva hanya mencangkup bagian luar yaitu labia, klitoris, mons pubis, serta lubang ke vagina dan anus. 

Sedangkan vagina merupakan organ dalam yang terhubung ke leher rahim. Maka, sebetulnya kita tidak bisa melihatnya. 

2. Enggak Ada yang Namanya Vagina ‘Normal’ 

Sama seperti bagian tubuh lainnya, vagina yang dimiliki setiap perempuan itu berbeda. Setiap vagina memiliki bentuk, warna, aroma, hingga sensitivitas yang berbeda. Jadi, enggak ada vagina ‘normal’ atau vagina ‘sempurna’. 

Jangan khawatir jika kamu merasa berbeda saat membicarakan vagina dengan teman-temanmu. Apa yang mereka alami dengan vaginanya tidak harus kamu alami juga. 

Selama vagina tidak menunjukkan gejala berbahaya dan kamu merasa nyaman, artinya kamu sudah memiliki vagina terbaik. Mulailah mencintai dirimu sendiri apa adanya ya, bu! 

3. Aromanya Dipengaruhi Makanan yang Kita Konsumsi 

Apa yang kita makan ternyata mempengaruhi aroma vagina loh, bu. Saat kita mengonsumsi makanan berbau tajam seperti bawang putih, maka aroma yang dikeluarkan vagina bisa berubah dan berbeda dari biasanya. 

4. Vagina Mengingatkan Kita Kapan Siap Dibuahi 

Saat perempuan dalam kondisi subur, vagina akan mengingatkannya dengan memberi kode. Yaitu, mengeluarkan cairan serviks yang berbeda dari biasanya. Di mana cairan ini terlihat lebih jernih, cair, dan kenyal. 

5. Dilindungi Rambut Kemaluan dari Kotoran 

Karena merupakan organ dalam, vagina harus dilindungi dari kotoran agar tidak masuk. Kita tidak perlu khawatir karena vagina dilindungi rambut kemaluan. Saat mencukurnya, rambut kemaluan akan tumbuh kembali dengan cepat.  

Tapi, rambut kemaluan juga memiliki ukuran maksimalnya sendiri. Saat panjangnya sudah mencapai batas maksimal tersebut, Ia tidak akan lagi memanjang. 

Meski vagina bisa membersihkan sendiri dan terlindungi dari kotoran, tetap jaga kebersihannya ya, bu! 

Jangan Malu Membahas Vagina ke Sesama Perempuan, Itu Wajar, Kok 

Salah satu alasan kenapa masih banyak perempuan yang tidak mengenal dan memahami organ intimnya yaitu karena pembahasan ini masih dianggap tabu. Bahkan, untuk mengatakan ‘vagina’ saja masih canggung. 

Minimnya pengetahuan perempuan mengenai vagina tidak hanya di Indonesia saja. Di negara maju seperti Amerika dan Kanada, sebagian perempuan masih belum mengenal vaginanya. 

Sebuah survei yang digagas Kotex terhadap 1.607 perempuan berusia 14-35 tahun di Amerika dan Kanada menunjukkan fakta menarik. Lebih dari 50% responden menganggap bahwa vagina hanya merupakan organ seks dan 27% mengaku tidak tahu apa yang harus dilakukan saat pertama kali haid. 

Mayoritas perempuan yang disurvei juga merasa risih saat membicarakan vagina. Mereka percaya bahwa topik mengenai vagina tidak perlu dibicarakan karena malu dan khawatir dianggap kelewat terbuka. 

Hasil survei juga mengungkapkan bahwa rasa malu berpengaruh terhadap cara perempuan memandang dirinya sendiri. Mereka yang malu membicarakan topik seputar vagina cenderung menganggap vagina mereka buruk dan merasa kotor saat haid. 

Refrensi: 

Dwi Reka

Energetic person and women issue observer, a writer

Related
Tipe Ibu Berdasarkan Zodiak, Kamu yang Mana, bu?
5 Alasan Kamu Harus Bangga Miliki Stretch Mark
Agar Rumah Jadi Tempat Ternyaman, Lakukan Tips Ini !
Tags: #haloibu, #haloperempuan, #ibu, #menjadiibu, #menjadiperempuan, #perempuan, #perempuanbisa
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid