DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

Sebelum Beli, Ini Dia Tips dan Trik Cara Pilih Bra yang Benar

Share:

Ada banyak hal yang tidak diajarkan ke kita ketika beranjak menjadi perempuan dewasa. Salah satunya adalah cara memilih bra yang benar. Padahal, bra ini bisa dibilang hidup dan matinya perempuan lho. Salah-salah membeli bra, hidup sehari-hari kita bisa terganggu, karena percayalah, pakai bra yang ga pas itu menyiksa.

Cara Memilih Bra yang Benar

Untuk memilih bra yang benar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pada intinya sih, kita harus memahami tubuh kita sendiri, seperti tahu bagaimana bentuk tubuh, hingga bentuk payudara kita. Ini dia langkah-langkah untuk tahu bra yang cocok untuk kita gimana.

  1. Ukur lingkar dada.

Kamu bisa mengukur lingkar dada dengan meteran jahit dan lihat berapa cm ukurannya. Dalam ukuran bra biasanya menggunakan ukuran inci, jadi kamu konversi ukuran cm ke dalam inci dan pastikan bahwa ukuran bra yang dibeli benar. Biasanya, ukuran lingkar dada dalam bra ditandai dengan angka.

  1. Ukur ukuran payudara.

Ini dia yang biasanya disebut dengan ukuran cup. Dalam ukuran bra, ukuran cup menggunakan huruf. Salah satu prinsip yang biasanya digunakan adalah, ketika ukuran lingkar dada meningkat, ukuran cup akan menurun. Namun, ini tidak berlaku pasti, karena ukuran setiap payudara akan berbeda.

  1. Pastikan ukurannya pas.

Untungnya, ketika membeli bra, kita masih boleh mencobanya. Jangan ragu untuk mencoba dulu sebelum membeli, agar kita bisa tahu ukuran yang pas untuk kita. Jika saat menggunakannya dirasa terlalu longgar atau membekas di bahu kita, bisa jadi ukurannya tidak pas, entah terlalu kecil ataupun terlalu besar.

  1. Pilih model yang sesuai.

Bra memiliki banyak sekali model. Mulai dari bra olahraga, bra dengan kawat, tanpa kawat, push-up bra, dll. Pastikan model yang kita pilih cocok untuk digunakan, sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya nyaman.

  1. Perhatikan bahan yang dipakai.

Apapun modelnya, jika bra yang digunakan bahannya tidak nyaman tentunya akan membuat pengguna jadi merasa terganggu. Hal ini juga bisa mengganggu aktivitas, karena bisa saja bahan yang kita pilih tidak menyerap keringat atau membuat gatal.

  1. Ganti bra.

Ketika ukuran dan bentuk badan berubah, ukuran payudara biasanya juga akan berubah. Saat bra yang digunakan sudah tidak nyaman dan dirasa sudah tidak dapat mendukung payudara kita, bisa jadi itu sudah saatnya kita menggantinya dengan yang baru. Untuk bra dengan kawat, biasanya setelah dipakai dan dicuci beberapa saat, kawatnya akan lapuk.

Berbagai Model Bra

Ketika sudah tahu dasar-dasar membeli bra, biasanya perempuan tidak cukup hanya memiliki dua bra. Penggunaan bra juga perlu disesuaikan dengan aktivitas yang akan kita lakukan.

Misalnya, ketika kita sering melakukan aktivitas berat ataupun olahraga, kita akan membeli bra khusus olahraga. Bra model ini akan membantu meredam guncangan ketika berolahraga. Namun, aktivitas olahraga yang berbeda bisa jadi membutuhkan model bra yang berbeda juga. Jangan lupa untuk memilih bra dengan bahan yang mudah menyerap keringat ya.

Untuk acara formal, kita akan menyesuaikan bra dengan pakaian yang digunakan. Ada bra tanpa tali atau bahkan bra yang menutup bagian depan payudara, agar tidak mengganggu penampilan pakaian formal kita.

Jika kita memiliki ukuran payudara yang cenderung kecil dan ingin tampak lebih bervolume, kita bisa memilih push-up bra dengan busa tambahan. Push-up bra biasanya memiliki kawat di bagian bawahnya, sehingga rasanya kurang cocok untuk kamu yang suka bepergian, karena akan sulit untuk dikemas.

Ketika sering bepergian, bra tanpa kawat menjadi pilihan yang tepat. Bahkan, sekarang ada banyak pilihan bra untuk bepergian yang bisa dilipat, sehingga akan membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih kecil.

Untuk ibu yang sedang menyusui, ada juga bra yang didesain khusus, sehingga aktivitas menyusui akan lebih mudah dan tidak terhambat karena penggunaan bra. Selain itu, sekarang ada banyak model bra seperti bralette yang juga bisa digunakan tanpa memakai baju luaran lagi.

Selain model-model di atas, tentunya masih banyak lagi model bra yang lainnya. Pada akhirnya, perjalanan mencari bra mirip-mirip dengan mencari pasangan hidup, karena ada banyak pertimbangannya dan kembali lagi, apakah kita cocok atau nggak. Jadi gimana, apakah kamu sudah bisa menemukan bra yang cocok untukmu? Yuk sharing, biar perempuan lainnya bisa lebih mudah dapetin yang pas.

Referensi:

https://www.self.com/story/tips-for-finding-the-right-bra-size-and-fit.

https://www.bustle.com/p/how-to-choose-the-right-bra-for-your-size-shape-with-11-expert-tips-22589.

https://www.herworld.com/gallery/fashion/choosing-the-right-bra/.

Irene

Sebagai lulusan arkeologi, Irene senang main ke lapangan dan blusukan ke tempat-tempat terpencil. Irene juga tertarik dengan digital marketing, content writing, dan fotografi. Untuk mengisi waktu luang, biasanya ia baca buku, jogging, menulis, nonton film dan series, dan kadang memilah sampah. Di akhir pekan, biasanya Irene ada di gunung atau latihan paralayang di Puncak.

Related
Mengatasi Savior Complex: Saat Menolong Orang Bikin Kewalahan 
Pentingnya Mengajarkan Sikap Tegas Pada Anak
Denial Feeling: Wajar, Tapi Bisa Berdampak Buruk 
Tags: #bra, #haloperempuan, #menjadiperempuan, #perempuan, #rekomendasibra
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid