DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

Pemerintah Akan Gratiskan Biaya Melahirkan, Ini Syaratnya 

Share:

Presiden Joko Widodo menerbitkan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Program Jaminan Persalinan (Jampersal). Lewat program ini, nantinya pemerintah akan menggratiskan biaya melahirkan.  

Tak hanya itu, pelayanan lainnya seperti pemeriksaan kehamilan, kontrasepsi pasca persalinan, hingga perawatan bayi baru lahir juga akan digratiskan. Meski begitu, tidak semua ibu hamil berhak menerima Jampersal. 

Syarat atau kriteria untuk bisa mendapatkan Jampersal yaitu: 

Dalam intruksinya, Presiden Jokowi menyebut bahwa program Jampersal direncanakan dalam rangka peningkatan akses pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil.  

Sebagai informasi, pelayanan kesehatan masih sulit diakses oleh sejumlah ibu hamil. Terlebih, bagi mereka yang tinggal di lingkungan terpencil dan kesulitan ekonomi. 

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa jumlah ibu hamil yang memeriksakan kandungannya sampai 4 kali hanya mencapai 74%. Sebanyak 16% persalinan dilakukan di rumah. Padahal, melahirkan tanpa bantuan medis meningkatkan risiko perdarahan, komplikasi, hingga kematian ibu. 

Oleh karena itu, Jampersal diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan menolong para ibu yang kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Pemerintah nantinya akan menggunakan dana APBN, APBD, dan sumber keuangan lainnya yang sesuai undang-undang untuk membiayai ibu hamil. 

Presiden Jokowi telah memerintahkan sejumlah menteri untuk mengalokasikan dana, menyusun pedoman teknis, dan pendataan ibu yang berhak menerima Jampersal. 

Untuk Ibu yang membutuhkannya, semoga bisa segera menerima jaminan persalinan. 

Refrensi:

Dwi Reka

Energetic person and women issue observer, a writer

Related
Mengatasi Savior Complex: Saat Menolong Orang Bikin Kewalahan 
Pentingnya Mengajarkan Sikap Tegas Pada Anak
Denial Feeling: Wajar, Tapi Bisa Berdampak Buruk 
Tags: #haloibu, #ibu, #menjadiibu, #menjadiperempuan, #perempuanbisa
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid