DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

Tadinya Zodiak, Sekarang Moon dan Rising Sign; Beda Astrologi Dulu dan Sekarang

Share:

Astrologi dan zodiak selalu menjadi bahan perbincangan yang menarik untuk dibicarakan bareng teman tongkrongan. Kalo dulu, pertanyaan soal astrologi hanya berkisar di tanggal dan bulan lahir, serta zodiak apa yang menaungi, ternyata sekarang sudah berbeda. Ada moon sign dan rising sign yang mengikuti zodiak kita. Duh, apalagi tuh moon sign dan rising sign? Memangnya, ada perbedaan astrologi dulu dan sekarang?

Astrologi merupakan kepercayaan yang mengatakan bahwa posisi dan pergerakan bintang, planet, dan benda langit lainnya dapat memengaruhi kepribadian dan hubungan manusia. Sebetulnya, tidak diketahui siapa dan dari mana yang pertama kali muncul dengan ide ini, tapi sebetulnya kepercayaan semacam astrologi ini dapat ditemui di beberapa negara, seperti di Cina yang melihat gerhana untuk menentukan waktu baik dan buruk, di Babilonia yang melihat posisi planet dan bintang untuk “mencari” posisi Dewa, ataupun di Mesir kuno.

Meski sampai sekarang perdebatan apakah astrologi termasuk sains atau tidak, nyatanya orang yang memercayai astrologi cukup banyak. Tentu tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui sedikit soal astrologi, biar kita tetap nyambung kalau ngobrol sama teman-teman.

Birth Chart (Sumber: https://kiosk.alabe.com/cgi-bin/chart/astrobotk.cgi?Y).

Sun Sign, Cara Kita Berinteraksi dengan Dunia Luar

Masih ingat gak sih, dulu kalau lagi baca-baca majalah perempuan remaja, zodiak jadi salah satu rubrik yang kita cari? Rasanya pengen tahu apa yang bakal terjadi dengan zodiak kita dalam seminggu ke depan. Namun, tahu nggak kalau ternyata 12 zodiak yang kita tahu itu ternyata disebut sun sign?

Sun sign adalah salah satu bagian astrologi yang mendasar dan melambangkan esensi dasar manusia, seperti ego, kepribadian, dan preferensi. Seperti namanya, sun sign menggunakan matahari sebagai pusat yang melambangkan pengalaman fisik, yaitu bagaimana diri kita berhubungan dengan pihak lain di luar diri kita.

Mudahnya, sun sign adalah yang kita kenal dengan zodiak. Menurut Yunani Kuno, ada 12 bintang atau zodiak yang digunakan. Mulai dari Aquarius di bulan Januari sampai Februari, hingga Capricorn di bulan Desember sampai Januari.

Zodiak tersebut dinamakan berdasarkan konstelasi bintang yang dicocokkan dengan tanggal berdasarkan hubungan yang terlihat antara lokasi bintang di langit dan matahari. Selain bangsa Yunani Kuno, masyarakat Babilonia juga memiliki zodiak yang kurang lebih sama, tapi dengan nama yang berbeda.

Moon Sign, Cara Kita Melihat Diri

Berbeda dengan sun sign yang berdasarkan pada pergerakan matahari, moon sign diketahui berdasarkan bulan. Seperti bulan yang cahayanya temaram dan belum tentu bisa dilihat cahayanya tiap saat, moon sign menunjukkan bagian personal dari diri kita yang tidak dapat dilihat semua orang.

Moon sign menunjukkan soal emosi, perasaan, dan bagaimana kita berkomunikasi dengan pikiran kita sendiri. Ini juga akan menjelaskan kecenderungan apa yang kita miliki untuk memproses emosi dan menghadapi masalah yang menghampiri kita.

Kalau sun sign dapat diketahui dengan tanggal lahir saja, moon sign dapat diketahui melalui waktu lahir dan zona waktu saat kita lahir. Jika sun sign kamu adalah Gemini, bisa jadi moon sign kamu ternyata Leo atau yang lain.

Ascendant/Rising Sign yang Jadi “Make-Up” Kita

Selain moon dan sun sign, ada juga ascendant/rising sign. Sign ini merupakan ekspresi kita yang dapat dilihat oleh publik. Meski kita memiliki zodiak Gemini, tapi bisa saja orang mengira kita memiliki zodiak Leo.

Berbeda dengan moon dan sun sign yang mengacu pada posisi planet, rising sign mengandalkan pada titik langit bertemu dengan bumi, yaitu berdasarkan garis horizon. Rising sign ini dapat dibilang “topeng” yang dipakai saat bertemu dengan orang lain.

Kehadiran Planet-Planet Lain

Selain ketiga hal di atas, sebetulnya ada unsur lain, yaitu keberadaan planet-planet dalam astrologi. Jika kita melihat grafik kelahiran kita yang bisa didapat dari berbagai situs (coba cari CafeAstrology, Astrocal, dll.), kita dapat melihat keberadaan planet-planet saat kita lahir. Mulai dari Merkurius hingga Neptunus, akan terlihat kecenderungan derajat posisi planet dan kecenderungan kepribadian kita.

Dalam naungan planet Merkurius, kita dapat mengetahui bagaimana kita berpikir, berkomunikasi, dan belajar. Seperti namanya, Venus akan memberitahu apa yang kita harapkan dari sebuah hubungan, serta bagaimana kita mengekspresikan cinta. Saturnus akan memberitahu bagaimana diri kita menghadapi tugas dan tanggung jawab. Setiap planet dapat memberi gambaran bagaimana diri kita menghadapi satu pengalaman.

Meski secara ilmiah, astrologi masih belum dapat dibuktikan, tapi tidak ada salahnya bagi kita untuk sedikit mengetahui soal ini. Kita dapat mengambil hal-hal yang dapat membantu kita menjadi lebih baik. Tentunya, kita tidak dapat 100% menggantungkan hidup kita pada astrologi, tentunya kita tetap perlu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik, jangan sampai karena alasan astrologi, kita menjadi orang yang menyebalkan ya!

Sumber: VCG Wilson—Bettmann Archive via Time.com.

Referensi:

https://time.com/5315377/are-zodiac-signs-real-astrology-history/.

https://nypost.com/article/sun-moon-rising-sign-meaning/.

https://www.purewow.com/wellness/zodiac-planets.

Irene

Sebagai lulusan arkeologi, Irene senang main ke lapangan dan blusukan ke tempat-tempat terpencil. Irene juga tertarik dengan digital marketing, content writing, dan fotografi. Untuk mengisi waktu luang, biasanya ia baca buku, jogging, menulis, nonton film dan series, dan kadang memilah sampah. Di akhir pekan, biasanya Irene ada di gunung atau latihan paralayang di Puncak.

Related
Tips Lindungi Anak Dari Pelecehan Seksual
Perjuangan Menjadi Ibu Baru Dan Tips Menghadapinya 
Menjaga Paru-paru Dari Polusi Udara Jakarta Yang Tiada Akhir 
Tags: #aquarius, #aries, #ascendant, #astrologi, #astrology, #cancer, #haloibu, #haloperempuan, #leo, #moonsign, #perempuan, #planet, #risingsun, #solarsystem, #taurus, #woman, #zodiak
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid