DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

Mengenal Mercury Retrograde, Dampaknya, serta Cara Mengatasinya

Share:

Sering merasa lelah dan bermasalah dalam komunikasi dengan berbagai pihak? Bisa jadi, salah satu faktor yang memengaruhi adalah mercury retrogade. Apa itu mercury retrogade? Bagaimana bisa berpengaruh dalam kehidupan kita?

Sepintas Mercury Retrogade

Bagi orang-orang yang mendalami astrologi, setiap planet melambangkan berbagai hal. Merkurius dipercaya merupakan lambang komunikasi dan transportasi. Seperti yang kita tahu, revolusi (pergerakan planet mengelilingi matahari) antara Bumi dan Merkurius berbeda. Bumi membutuhkan 365 hari untuk berevolusi, sedangkan Merkurius hanya membutuhkan 88 hari.

Hal ini menyebabkan, ada satu titik tercipta ilusi optik bagi kita di Bumi, yang melihat Merkurius seolah-olah bergerak mundur. Sebagai bayangan, ketika kita menyetir mobil dan bergerak maju, mobil di sebelah kita akan tampak bergerak mundur, padahal mobil itu juga maju.

Setiap tahunnya, ada beberapa saat planet-planet mengalami retrogade terhadap Bumi. Di tahun ini, Merkurius memiliki empat periode retrogade, yaitu 14 Januari–3 Februari, 10 Mei–3 Juni, 9 September–2 Oktober, dan 29 Desember–18 Januari 2023. Mercury retrogade ini juga dipercaya dapat membawa beberapa dampak dalam kehidupan, terutama pada bidang teknologi, transportasi, dan komunikasi.

Efek Mercury Retrogade dan Cara Mengatasinya

Dalam bidang teknologi, beberapa elektronik akan mengalami permasalahan, termasuk keterlambatan penerbangan, terlambatnya surel masuk, sehingga akan menimbulkan beberapa miskomunikasi.

Di masa ini, kita mungkin akan banyak merasa bermasalah dengan komunikasi, terutama dengan orang lain. Akibat komunikasi yang terhambat, juga akan berdampak pada hubungan pertemanan dan hubungan lain kita dengan beberapa pihak. Hal ini tentunya juga akan memberikan efek pada fisik dan kondisi psikologi kita, seperti sakit kepala, kecemasan, kebingungan.

Namun, jangan khawatir, karena ada cara-cara untuk mengatasi dampak Mercury retrogade ini. Daisy dari PsychicWorld.com mengatakan bahwa komunikasi menjadi hal yang penting di masa ini. Kita harus bekerja lebih keras untuk membuat komunikasi menjadi lebih baik, jujur, dan terbuka.

Selain itu, menurutnya jika memiliki kristal, ini adalah saat yang tepat untuk menggunakan kristal Amazonite. Kristal ini dianggap dapat menyeimbangkan energi maskulin dan feminin, sehingga kita dapat melihat dua sisi dari masalah personal dan interpersonal. Cara menggunakannya adalah dengan menghangatkan kristal tersebut untuk menenangkan dan menetralkan energinya.

Selain Amazonite, beberapa kristal lain juga dikatakan dapat membantu kita selama masa Mercury retrogade ini. Kristal Aquamarine dapat memberikan stabilitas emosional dan meningkatkan koneksi dengan tubuh sendiri. Blue lace agate dapat memberikan ketenangan.

Astrolog senior, Annabel Gat juga mengatakan bahwa waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi masa lalu, bergerak lebih pelan dan sadar, serta melakukan refleksi terhadap hal-hal yang kita lakukan di masa lalu.

Akibat hubungan komunikasi personal dan interpersonal yang terganggu, ada beberapa tantangan yang akan kita hadapi di berbagai tempat. Selain melakukan hal-hal di atas, ada beberapa cara lain yang lebih spesifik untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

  1. Tempat Bekerja.

Di kantor, kita akan bertemu dengan berbagai orang yang memiliki energi berbeda. Ini menjadi momen yang penting untuk kita mengumpulkan pikiran dan memutuskan apa yang ingin kita katakan. Ketika menandatangani kontrak, baca perlahan isinya, ambil waktu sejenak untuk memikirkan apa yang kita butuhkan. Ini juga berlaku untuk segala hal, perhatikan baik-baik, lalu ambil waktu untuk memahami. Selain itu, pastikan juga kita sudah melakukan backup untuk data-data yang kita miliki untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Hubungan.

Selama masa ini, jangan biarkan kekacauan komunikasi menghancurkan hubungan kita dengan orang lain. Tetap tenang dan beri jarak sedikit dengan beberapa orang, dan tentunya tetap jaga keyakinan dan perhatikan baik-baik hal yang berubah. Seperti di tempat bekerja, pastikan kita sudah mengambil jarak untuk tetap tenang, melakukan refleksi, dan memikirkan baik-baik apa yang akan dilakukan dan dikatakan.

  1. Self-care.

Berhubung akan terdapat beberapa tantangan, ada baiknya kita juga menenangkan diri dengan melakukan rutinitas yang disenangi, agar diri menjadi lebih rileks. Isi waktu dengan berolahraga, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, dan mengisi pikiran dengan berbagai informasi bermanfaat.

Terlepas dari apapun yang terjadi, kita perlu mengambil sisi positif ketika Mercury retrogade terjadi. Kita harus menjadi pribadi yang lebih tenang, dapat melihat kembali ke belakang untuk melakukan refleksi, serta memastikan apa yang akan kita lakukan ke depannya tepat. Jadi, tidak perlu panik ya dengan adanya masa ini.

Referensi:

https://www.vogue.in/beauty/content/how-to-survive-the-second-mercury-retrograde-of-2022.

https://www.countryliving.com/uk/news/a26746624/how-mercury-being-in-retrograde-affects-you/.

https://edition.cnn.com/cnn-underscored/health-fitness/mercury-retrograde-2022.

Irene

Sebagai lulusan arkeologi, Irene senang main ke lapangan dan blusukan ke tempat-tempat terpencil. Irene juga tertarik dengan digital marketing, content writing, dan fotografi. Untuk mengisi waktu luang, biasanya ia baca buku, jogging, menulis, nonton film dan series, dan kadang memilah sampah. Di akhir pekan, biasanya Irene ada di gunung atau latihan paralayang di Puncak.

Related
9 Cara Menjaga Kesehatan Otak untuk Mengatasi Mom Brain
Kenali Penyebab dan Cara Menghentikan Overthinking
Tak Hanya Fisik, Kondisi Mental Ibu Pasca Melahirkan Juga Butuh Recovery
Tags: #haloibu, #haloperempuan, #ibu, #menjadiperempuan, #mercuryretrogade, #perempuan, #planet, #solarsystem, #tatasurya
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid