DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Womanhood Diary
Your Womanhood Diary

Kenali 5 Tanda Pengasuh Anak Yang Baik

Share:

Menggunakan jasa pengasuh anak merupakan pilihan yang banyak diambil oleh orangtua pekerja. Kedua orang tua yang sama-sama memiliki kesibukan bekerja memerlukan sosok pengganti untuk menjaga dan merawat anak. Kehadiran pengasuh anak tentu akan membuat kita lebih tenang bekerja dan beraktivitas di luar rumah. 

Ketika anak bersama orang lain di rumah mungkin terdengar menakutkan, tetapi si kecil akan terpenuhi kebutuhannya setiap hari jika kita memilih pengasuh anak yang kompeten. 

Mencari pengasuh anak saat ini bukanlah hal sulit. Kita bisa menemukannya dari media sosial, rekomendasi teman, atau bahkan meminta tetangga dan saudara untuk merawat buah hati selama kita bekerja.  

Namun, apakah kamu yakin bahwa pengasuh yang selama ini bersama dengan si kecil adalah sosok yang baik dan kompeten? Berikut beberapa tanda yang menunjukkan apakah pengasuh anak yang kamu pekerjakan adalah sosok yang baik untuk buah hati: 

1. Tidak Aktif Menggunakan Gadget 

Kamu mungkin membutuhkan sosok pengasuh yang mudah dihubungi untuk menanyakan kondisi anak, tetapi bukan berarti ia boleh menggunakan gadget selama jam kerja. Aktif bermain gadget selama mengasuh anak menandakan bahwa ia adalah orang yang lalai.  

Perhatiannya menjadi terbagi dan tidak lagi fokus memperhatikan anak kita. Meski terkesan sepele, tetapi kelalaian saat mengasuh anak berbahaya. Terlebih, jika anak merupakan balita aktif yang perlu diperhatikan ekstra.  

Untuk melihat apakah pengasuh anak yang kamu pilih aktif menggunakan gadget atau tidak, kamu bisa mengeceknya dari media sosial. Lihat seberapa sering dia online. Kemudian, saat kamu berada di rumah, perhatikan seberapa sering ia menggunakan gadget. 

2. Rajin Merapikan Seluruh Mainan yang Dimainkan Anak 

Sebagian orang memilih mempekerjakan pengasuh sekaligus sebagai asisten rumah tangga dan sebagian lainnya lebih memilih jika pengasuh hanya fokus menjaga dan merawat anak saja. Meskipun demikian, ia seharusnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga agar rumah tetap rapi. 

Pengasuh yang baik tidak akan membiarkan rumahmu berantakan karena mainan anak yang berserakan. Ia akan merapikan seluruh mainan, mencuci piring yang digunakan anak, dan membersihkan rumah ketika anak menumpahkan makanan atau minuman. 

3. Terbuka dan Mau Diajak Diskusi 

Pengasuh yang baik juga terbuka mengenai kondisi anak yang diasuhnya. Ia segera mengabarkanmu jika sewaktu-waktu anak demam atau terluka karena aktif bermain. Ia akan menghubungimu terlebih dahulu untuk memastikan si kecil ditangani dengan baik. 

Selain itu, pengasuh yang baik terbuka dengan diskusi dan menerima saran yang kamu berikan. Kamu juga sebaiknya memberikan ruang agar Ia bisa menyampaikan pendapatnya ya, Bu.  

4. Tidak Membuat Keputusan Sendiri 

Saat pertama kali datang ke rumah, mungkin kamu sudah membicarakannya mengenai pola asuh dan aturan yang diterapkan terhadap anak. Meski begitu, pengasuh yang baik selalu menanyakan kembali jika ada aturan yang sulit diterapkan anak dan tidak membuat keputusan sendiri. 

Misalnya, si kecil merengek ingin menonton YouTube ketika sudah memasuki waktu tidur siang. Menghadapi anak yang menangis hingga tantrum karena keinginannya tidak dipenuhi memang sulit, tetapi pengasuh yang baik tidak ingin berbuat gegabah. Ia akan menghubungimu terlebih dahulu untuk memberitahukan kondisi tersebut, lalu meminta saran ketika anak sulit diatur. 

5. Anakmu Merindukannya 

Ketika anakmu menanyakan pengasuhnya ketika ia sedang libur, ini menandakan bahwa keduanya akrab. Jika memang ia mengasuh dan merawat anakmu dengan tulus, sangat mungkin sosoknya dirindukan si kecil ketika Ii tidak di rumah. 

Selain itu, si kecil juga akan bercerita banyak tentang momen menyenangkan ketika mereka di rumah. Sebaliknya, jika si kecil sering menangis berlebihan ketika kamu meninggalkannya, mungkin saja pengasuh yang kamu percaya bukanlah sosok baik. 

Masih Bingung Menggunakan Pengasuh Atau Tidak? Ketahui Plus Minusnya 

Mempercayakan anak kepada pengasuh yang tidak tepat justru akan menimbulkan masalah loh, Bu. Misalnya, pengasuh yang sering berbuat kasar ketika anak melakukan kesalahan. Hal ini dapat menimbulkan trauma dan membahayakan anak. Sementara itu, kamu mungkin membutuhkan sosok pengasuh untuk memperhatikan si kecil selama kamu dan suami tidak di rumah. 

Jika kamu masih bingung apakah menggunakan pengasuh anak adalah pilihan terbaik atau bukan, sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut Penjelasannya: 

Kelebihan Menggunakan Pengasuh Anak 

Kekurangan Menggunakan Pengasuh Anak 

referensi:

Dwi Reka

Energetic person and women issue observer, a writer

Related
9 Cara Menjaga Kesehatan Otak untuk Mengatasi Mom Brain
Kenali Penyebab dan Cara Menghentikan Overthinking
Tak Hanya Fisik, Kondisi Mental Ibu Pasca Melahirkan Juga Butuh Recovery
Tags: #anak, #fatherhood, #haloibu, #ibu, #ibuanak, #indonesia, #menjadiibu, #motherhood, #pengasuh
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid