DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Motherhood Journey
Your Motherhood Journey

Break the pattern about menstruation, Menstruation is not taboo

Share:

Normalize Menstruation

Menstruasi bukanlah hal yang tabu, keberadaannya adalah bagian dari diri perempuan. Menerimanya membuat kita lebih memahami diri dengan lebih baik.

Bulan Mei ini, ada salah satu tanggal penting yaitu peringatan International Menstrual Hygiene Day. Kenapa sih sampai ada peringatan tentang Menstruasi, bukankah itu sudah menjadi kodrat perempuan? Sepertinya sudah menjadi hal yang biasa ya?

Edukasi seputar menstruasi ini dapat ditemukan baik melalui pendidikan dalam keluarga, sekolah maupun mudah untuk diakses secara digital, namun ternyata tidak semua orang memahami kondisi ini dengan baik, bahkan adakalanya cenderung kurang memperhatikan momen yang terjadi setiap bulan ini. Beberapa hal yang seringkali salah dipahami terkait dengan proses menstruasi:

Dalam kenyataannya, kita perlu memahami terlebih dahulu yang sebetulnya terjadi selama proses menstruasi setiap bulannya. Bagi sebagian orang menstruasi seringkali dianggap sebagai sesuatu yang tabu atau terkesan sesuatu yang kotor, bahkan tidak jarang memakai istilah tertentu untuk menyamarkan seperti, “dapet”, “datang bulan” atau menggunakan istilah “roti” sebagai pengganti pembalut. Padahal menstruasi merupakan sesuatu yang normal terjadi pada perempuan dan ketika dalam periode tersebut, perempuan memang membutuhkan perlengkapan untuk bisa menjaga kebersihan dan kenyamanannya, seperti tampon, pembalut, maupun menstrual cup.

Memahami kondisi yang terjadi saat menstruasi, mengenal diri lebih baik

Ketika menjalani proses menstruasi, seorang perempuan akan kehilangan banyak darah dengan kadar yang berbeda dan durasi waktu yang berbeda untuk setiap orangnya. Bayangkan, ketika kita mengalami luka secara fisik dan kehilangan sejumlah darah, tentunya bisa jadi kita merasa lemas.

Kita perlu untuk dipahami adalah setiap individu tentunya memiliki daya tahan tubuh yang berbeda.  Ada yang memiliki siklus menstruasi teratur dan setiap mengalaminya, darah yang dikeluarkan jumlahnya normal dan minim rasa sakit. Namun ada pula yang memiliki siklus menstruasi sangat tidak teratur dengan volume tidak menentu, bahkan ada yang perlu minum penghilang rasa sakit dari dokter karena  nyeri yang tidak tertahankan hingga tidak mampu beraktivitas selama beberapa hari.

Dengan memahami siklus menstruasi dan mengenali lebih jauh yang terjadi pada diri sendiri, tentunya kita bisa lebih mengenali waktu-waktu tertentu di mana kita bisa bekerja dengan optimal, dan sebaliknya pada waktu apa kita perlu untuk sedikit menurunkan tensi dan sejenak melambat, khususnya saat mengalami periode menstruasi ini. Hanya dengan mengenali dan memahami diri sendiri, sebetulnya kita bisa lebih optimal untuk melakukan berbagai aktivitas, dan tidak lagi menganggap menstruasi sebagai hal yang tabu dan menghambat kondisi kita.

DI sisi lain, ketika kita menyadari bahwa siklus menstruasi yang kita miliki cenderung tidak teratur dengan jumlah yang tidak biasa, dengan rasa sakit yang luar biasa, hal ini bisa dijadikan sebagai pertanda untuk selanjutnya memeriksakan kesehatan reproduksi kita. Seperti peringatan dini, sehingga bisa dilakukan antisipasi.

Lebih dari sekedar penanda kehamilan

Berbicara tentang menstruasi, tentu tidak sesederhana penanda bahwa pada bulan tersebut seorang perempuan sudah hamil atau belum hamil, lebih dari itu menstruasi adalah salah satu bentuk komunikasi kita kepada diri kita sendiri, khususnya dengan Rahim.

Ketika mengenal diri dengan lebih baik, tentu kita lebih memahami apa yang dibutuhkan sebelum, saat, dan sesudah menstruasi. Mencari tahun nutrisi yang cukup selama periode siklus berjalan untuk tetap mengoptimalkan fungsi fisik. Mengenal berbagai aktivitas yang tetap dapat dilakukan dengan maksimal, maupun aktivitas yang perlu dihindari. Pun kita juga dapat lebih mengenali pakaian maupun perlengkapan pendukung apa yang kita butuhkan dalam beraktivitas sehari-hari.

Kenali dirimu melalui periode istimewamu.

Cintai rahimmu dan berkomunikasilah denganya sebaiknya.

Sumber:

https://www.nhs.uk/conditions/heavy-periods/

https://www.alodokter.com/menstruasi

https://www.alodokter.com/seperti-ini-proses-menstruasi-pada-wanita-setiap-bulan

https://www.healthline.com/health/how-much-blood-do-you-lose-on-your-period#causes-of-heavy-bleeding

Aline Widiyanti

Related
Kartini, Sebuah Warisan Bagi Perempuan
Tags: #bulanmenstruasi, #empoweringwomen, #haloperempuan, #menstruasi
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid