DONATE & SHOP
Lets share some love updates
Your Motherhood Journey
Your Motherhood Journey

Lingkaran Ibu Mengingatkan Untuk Menyayangi Diri Sendiri

Share:

Apa sih rasanya jadi ibu?

Jujur, jadi ibu itu capek. Capek banget! Dari hamil, terus melahirkan, terus menyusui dan lain sebagainya itu menguras tenaga. Apalagi ketika dirasa suami gak bisa bantu, bahkan untuk sekedar pegangin anak sebentar. kok kayaknya, tanggung jawab membesarkan anak itu semua ada di ibu ya? Bapaknya kemana? Kan bikin anaknya berdua. Kok yang capek aku? Kebetulan aku juga punya pekerjaan full time.

Ketika aku scrolling Instagram, ketemu sama Instagram Halo Ibu. Aku langsung follow karena kontennya tuh pas banget sama aku. Beberapa postingan mereka itu bertemakan curhatan para ibu, dan curhatan mereka bikin aku gak ngerasa sendiri. Dari Instagram Story mereka, aku tahu ada acara Lingkaran Ibu ini.

Setelah daftar ulang dan dibagikan label nama, acara dimulai. Masuk ke ruangan pun, sudah dibikin mandala dengan 8 alas duduk. Peserta yang datang hari itu ada 6 orang.

Acara dipandu oleh Ashtra Dymah, Founder dari Halo Ibu dan juga seorang doula profesional. Mbak Ashtra menjelaskan awal mula kenapa Lingkaran Ibu ini ada, membagikan sedikit pengalaman dia ketika menjadi seorang ibu, dari sejak kehamilan hingga sekarang sudah mempunyai 2 orang anak.

Lalu satu persatu peserta memperkenalkan diri. Baru perkenalan aja, aku sudah ambyar! Mungkin karena penjelasan dan cerita dari Mbak Ashtra di awal, aku dan juga peserta lain mulai ngerasa nyaman dan gak sabar untuk pelampiasan uneg-uneg selama ini. Dari Mbak Ashtra sendiri mengingatkan, what happen in the circle, stays in the circle. Lalu dimulailah sesi curhat dan Mbak Ashtra meminta peserta untuk mengenakan mahkota bunga yang disediakan. Mbak Ashtra juga meminta setiap peserta, jika yang bercerita menangis, yang lain memberi support dengan cara menepuk punggung atau menggenggam tangan.

Yes, tidak ada yang tidak menangis ketika bercerita. Aku yang baru mulai kalimat pertama aja udah nangis. Setiap cerita didengarkan tanpa ada interupsi, kecuali Mbak Ashtra yang memang bertanya untuk menggali lagi. Pokoknya peserta diminta untuk cerita sampai perasaan lega deh. Selesai bercerita, semua peserta berpegangan tangan. Yang bercerita mengucapkan “Thank you for listening” dan yang mendengarkan membalas “Thank you for sharing”. Terus begitu sampai semua peserta selesai bercerita.

Setelah bercerita, Mbak Ashtra meminta pesera memberikan supportive words satu sama lain. Aku lupa istilah Mbak Ashtra apa. Intinya, peserta bergantian mendukung dan menyemangati dengan memeluk dan memberikan kata-kata positif. Lalu diakhiri dengan meditasi. Sebelum pulang, peserta pun saling berpelukan, menguatkan kembali.

Kami pun mendiskusikan poin-poin yang sempat disinggung Mbak Ashtra:

Selama ini, selalu kujumpai kalimat “You’re not alone in this journey” pada postingan dari akun-akun parenting. Mengikuti Lingkaran Ibu ini sungguh membuka mata betapa kalimat itu sungguh benar adanya. Memang harus ketemu langsung dengan para ibu yang senasib dan saling mendukung secara langsung.

Paling utama, Lingkaran Ibu mengingatkan kita untuk menyayangi diri sendiri. Self love. Berterima kasih pada diri sendiri itu penting. Lakukan sebelum tidur atau saat bangun tidur. Happy mother, happy family, right? Kucoba mempraktekkannya, walau kadang suka lupa juga hehehe. Aku merasa lebih tenang dan lebih menghargai diri sendiri.

Maddy Pertiwi

Related
Menyembuhkan Luka, Putus Rantai Duka
IBU : Karir Sepanjang Hidup
Anti Kode-Kode Club
Tags: #ceritaibu, #empoweringmothers, #haloibu, #ibu, #menjadiibu
No Comment
Leave a comment!
Your Name*
Your Email*
Your Website
Your Comment
@haloibuid